Cute Ghost Pola dan Bentuk Muka Bumi: Benua dan Samudra

Kamis, 03 Januari 2013

Benua dan Samudra

1. Benua






Benua adalah daratan yang luas sehingga bagian tengah tersebut tidak mendapat pengaruh angin laut sama sekali. Di bumi ini ada lima benua, yaitu Asia, Australia, Afrika, Eropa, dan Amerika. Sebenarnya masih ada satu benua lagi di belahan bumi selatan berwujud kawasan es, yaitu Benua Antartik. Namun, benua itu tidak dapat ditempati manusia.
2. Samudra
Di bumi terdapat empat samudra besar, yaitu Samudra Psifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Antartik. Samudra dapat menghubungkan antarpulau atau antarsamudra. Contohnya sebagai berikut:
  • Samudra Atlantik menghubungkan Benua Amerika, Eropa, dan Afrika.
  • Samudra Pasifik menghubungkan Benua Amerika, Australia, dan Asia.
  •  Samudra Hindia menghubungkan Benua Asia dan Australia.
3. Kutub Utara (Arktik) dan Selatan (Antartik)
  • Kutub Utara (Arktik)
Sebagian besar daerah Kutub Utara merupakan lautan dalam yang dikelilingi oleh daratan. Lautan itu disebut Lautan Arktik. Di daerah Kutub Utara terdapat binatang kutub, seperti rusa kutub, beruang kutub, anjing laut, dan singa laut. Penduduk asli di daerah sekitar Kutub Utara adalah orang Eskimo. Mereka tinggal di rumah yang dibuat dari salju dan disebut Iglo.

  • Kutub Selatan ( Antartik )
Daerah Kutub Selatan terdiri atas sebuah benua, yaitu Benua Antartik. Antartik adalah tanah dataran tinggi. Di tanah dataran tinggi itu terdapat puncak yang terkenal, yaitu Gunung Erebus. Benua ini tidak didiami manusia, namun hanyalah binatang, seperti anjing laut dan burung pinguin. Di lautan sekitar benua banyak terdapat ikan paus.


 

1 komentar: